Prestasi

0 komentar
Bimtek "Pemanfaatan Aplikasi Berbasis Game Kuis Interaktif dengan Aplikasi Wordwall" Membu
blog

SMAN 1 Pakem menjadi tuan rumah untuk Bimtek bertema "Pemanfaatan Aplikasi Berbasis Game Kuis Interaktif dengan Aplikasi Wordwall" yang dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 17-18 April 2024. Acara ini diselenggarakan di Ruang Rapat SMAN 1 Pakem menjadi momen penting bagi Bapak/Ibu guru di sekolah dalam meningkatkan keterampilan pembelajaran mereka dengan memanfaatkan teknologi sebagai media interaktif. Pelatihan ini juga mendukung perkembangan teknologi yang semakin maju di era generasi Z.

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SMAN 1 Pakem, Drs. Rahmat Saptanto, M.Pd., menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Balai Tekkomdik kepada sekolahnya sebagai sekolah model berbasis IT. "Kami merasa bangga dan siap untuk terus mengembangkan diri dalam memanfaatkan teknologi untuk pendidikan yang lebih baik," ungkapnya.

Pelatihan pada hari pertama dengan narasumber, Rudi Prakanto, S.Pd., M.Eng., selaku Kepala Balai Tekkomdik DIY, memberikan pembinaan tentang pentingnya guru untuk selalu meningkatkan tradisi membaca dan menulis guna tetap menjadi guru yang profesional. Beliau juga memberikan motivasi kepada guru untuk selalu berprestasi di manapun mereka berada. “Kalau sekolah mau maju, ikuti langkah berikut: lakukan school branding, tingkatkan mutu, maksimalkan pelayanan”, pungkasnya. Sementara itu, narasumber kedua, Dini Nurul Insani, S.Tr.T., memaparkan terkait fitur-fitur yang dimiliki aplikasi Wordwall dan bagaimana memanfaatkannya untuk meningkatkan pembelajaran yang interaktif. Bapak/Ibu guru secara aktif dan antusias mengikuti arahan dalam pembuatan akun Wordwall serta pembuatan soal dengan template kuis. Berbagai fitur yang ada dalam aplikasi tersebut, guru dapat menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menarik dan partisipatif bagi siswa.

Pelatihan pada hari kedua masih dibersamai oleh Dini Nurul Insani, S.Tr.T., Bapak/Ibu guru mempraktikan apliakasi Wordwall dengan template roda acak. Selain itu, juga diberi penjelasan materi terkait aplikasi nearpod untuk menunjang proses pembelajaran. Nearpod merupakan platform interaktif bagi peserta didik yang dapat membuat video interaktif, materi pembelajaran interaktif, gamifikasi, dan aktivitas lainnya. Salah satu peserta, Rina Widayati, SE, turut memberikan tanggapannya terhadap bimtek ini. "Saya merasa terinspirasi oleh acara ini. Ini menjadi momentum bagi kami para guru untuk terus mengembangkan keterampilan pembelajaran yang inovatif dengan memanfaatkan teknologi. Dengan demikian, kami dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih baik bagi siswa," ujarnya dengan antusias.

Dengan berakhirnya bimtek ini, diharapkan Bapak/Ibu guru SMAN 1 Pakem dapat menerapkan dan mengembangkan secara optimal penggunaan aplikasi berbasis game kuis interaktif dengan aplikasi Wordwall dalam proses pembelajaran. Sehingga menciptakan generasi yang lebih siap menghadapi tantangan masa depan dan semangat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran.




INFORMASI TERKAIT

Program & Link Layanan

Sortcut Link Layanan di Lingkungan BALAI PENDIDIKAN MENENGAH KAB.SLEMAN