kegiatan Sekolah

0 komentar
Kirab Budaya SMK 17 Seyegan Dalam Rangka Memperingati Hari Jadi Daerah Istimewa Yogyakarta 2024
blog

Kamis 7 Maret 2024, SMK 17 Seyegan Sleman melaksanakan kegiatan kirab budaya dalam rangka memperingati hari jadi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan yang mengusung tema “Maju, Sejahtera, Berkelanjutan dijiwai Kebudayaan dan Keistimewaan” ini diikuti oleh seluruh warga sekolah, yaitu kepala sekolah, bapak ibu guru, karyawan, dan siswa-siswi. Barisan kirab dipimpin oleh Kepala SMK 17 Seyegan Ibu Dra. Eny Pujiasri, M.M. didampingi dua orang siswi yang membawa spanduk kegiatan. Di belakangnya ada pasangan dimas diajeng SMK 17 Seyegan. Selanjutnya tiga siswa yang mengibarkan bendera panji sekolah dan diikuti pasukan marching band memainkan alat musik agar perjalanan kirab menjadi makin meriah. Kemudian disambung oleh siswa-siswi berbaris tiap kelas. Terakhir, diikuti bapak ibu guru dan karyawan yang berjalan di barisan paling belakang.

Untuk menyemarakan kegiatan tersebut, seluruh warga sekolah tampil mengenakan pakaian adat, budaya, maupun kesenian. Ibu Kepala Sekolah dan ibu-ibu guru karyawan kompak mengenakan kebaya berwarna merah dan peach. Sementara bapak-bapak guru karyawan mengenakan surjan hijau lengkap dengan jarik dan blangkon. Kemudian siswa-siswi yang memainkan alat musik mengenakan seragam marching band sekolah berwarna merah putih. Dimas diajeng yang tampak serasi mengenakan surjan dan kebaya merah maroon. Begitu pula dengan siswa-siswi yang tampil kompak tiap kelas. Ada yang seragam mengenakan kebaya bernuansa hitam lengkap dengan selendang berwarna merah, surjan dengan garis-garis merah putih, hingga tampil beda mengenakan kostum gedruk lengkap dengan topeng buto dan kemrincing kaki.

Kegiatan dimulai dengan berkumpul di halaman sekolah pukul 07.00 WIB untuk apel pagi dan doa bersama demi kelancaran pelaksanaan kirab. Agar lebih dekat sekaligus untuk menyapa warga sekitar, jalur yang dilalui pada kirab kali ini melewati lingkungan sekitar sekolah, mulai dari dusun Mranggen, Goron, Druju, Druju Krajan, Druju Karang, dan Druju Kidul, lalu kembali ke sekolah. Selama perjalanan, warga tampak antusias menyaksikan pawai kirab budaya. Begitu pun peserta kirab yang semangat namun tetap santun menyapa warga sekitar. Seluruh rangkaian kegiatan kirab budaya SMK 17 Seyegan ini dipandu dan diarahkan oleh Bapak Ari Cahyono, S.Pd. dan Ibu Astuti Handayani, S.Pd.. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama di halaman depan sekolah sebagai dokumentasi kekompakan dan semangat seluruh warga SMK 17 Seyegan dalam melestarikan budaya.

Seluruh warga SMK 17 Seyegan Sleman mengucapkan selamat Hari Jadi Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2024, semoga senantiasa maju, sejahtera, berkelanjutan, dijiwai kebudayaan dan kesitimewaan.

Link video kirab budaya SMK 17 Seyegan:

https://drive.google.com/file/d/1cHyhqdKbSZs0TTSO6kfVNBGac5PYz3QF/view?usp=sharing

 




INFORMASI TERKAIT

Program & Link Layanan

Sortcut Link Layanan di Lingkungan BALAI PENDIDIKAN MENENGAH KAB.SLEMAN