kegiatan Sekolah

0 komentar
Kirab Budaya SMKS Penerbangan AAG Adisutjipto memperingati hari jadi Daerah Istimewa Yogyakarta
blog

Adicara kirab budaya SMK Penerbangan AAG Adisutjipto Yogyakarta amengeti ambal warsa Daerah Istimewa Yogyakarta ingkang kaping 269 kanthi tema Maju, Sejahtera, Berkelanjutan dijiwai Kebudayaan dan Keistimewaan.

 

Kirab Budaya SMK Penerbangan AAG Adisutjipto Yogyakarta memperingati ulang tahun Daerah Istimewa Yogyakarta ke-269 dengan tema Maju, Sejahtera, Berkelanjutan dijiwai Kebudayaan dan Keistimewaan.

 

Pada tanggal 7 Maret 2024, SMK Penerbangan AAG Adisutjipto Yogyakarta menggelar Kirab Budaya Skapenta nguri uri Kabudayan Ngayogyakarta sebagai bagian dari perayaan ulang tahun Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang ke-269. Dengan tema "Maju Sejahtera, Berkelanjutan Dijiwai Budaya dan Keistimewaan", kirab tersebut menjadi momentum penting untuk merayakan warisan budaya dan kekayaan khas yang dimiliki oleh DIY.

Kirab budaya tersebut melibatkan seluruh civitas akademika SMK Penerbangan AAG Adisutjipto (Skapenta) baik guru maupun siswa sebagai bentuk partisipasi aktif dalam memperingati hari bersejarah Daerah Istimewa Yogyakarta. Peserta kirab mengenakan pakaian adat tradisional DIY yang memperkaya warna dan keindahan acara, serta menampilkan kekayaan budaya daerah.

Rute kirab menyusuri beberapa titik penting di sekitar wilayah SMK Penerbangan AAG Adisutjipto antara lain lapangan apel SMK Penerbangan-Komplek Blok C-Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala dan kembali ke lapangan apel SMK. Selama perjalanan, para peserta menampilkan iringan Bregada Angkasa Muda, tarian, musik tradisional, dan pertunjukan seni lainnya sebagai ekspresi kecintaan terhadap budaya lokal.

Partisipasi aktif dari SMK Penerbangan AAG Adisutjipto Yogyakarta dalam perayaan kirab budaya menunjukkan komitmen sekolah dalam melestarikan dan memperkaya warisan budaya daerah sambil tetap bergerak maju menuju pembangunan yang berkelanjutan.

Dengan demikian, kirab budaya tersebut tidak hanya menjadi perayaan semata, tetapi juga merupakan refleksi dari semangat gotong royong dan kebanggaan akan identitas lokal dalam menjalani perjalanan menuju masa depan yang lebih baik bagi Daerah Istimewa Yogyakarta.

SMK Penerbangan AAG Adisutjipto ngaturaken Sugeng Ambal Warsa DIY ingkang kaping 269. Lumantar pengetan ambal warsa DIY menika mugiya sesarengan tansah saged mawas diri, dandan-dandan kangge mantebaken tekad gotong royong, sesarengan ambangun DIY supados langkung majeng.

 

Video Kirab Budaya SMKS Penerbangan AAG Adisutjipto dalam rangka memperingati hari jadi Daerah Istimewa Yogyakarta




INFORMASI TERKAIT

Program & Link Layanan

Sortcut Link Layanan di Lingkungan BALAI PENDIDIKAN MENENGAH KAB.SLEMAN